Analisis Brand Switching Media Sosial (Studi pada Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Berbisnis di Kalangan Mahasiswa di Kota Semarang)

Setyo Pantawis, Rudi Suryo Kristanto

Abstract


Penelitian ini mengangkat permasalahan munculnya berbagai aplikasi media sosial yang menyebabkan tumbuhnya minat untuk mencari alternatif aplikasi media sosial yang paling sesuai, termasuk pada para pengguna aplikasi media sosial yang menggunakannya untuk kepentingan berbisnis, dan akhirnya terjadi perpindahan merek (brand switching). Populasi dan sample penelitian ini adalah para pengguna aplikasi media sosial dikalangan mahasiswa perguruan tinggi di Kota Semarang yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana berbisnis. Metode analisis data yang digunakan meliputi analisis kuantitatif Regresi yang dikombinasikan dengan statistik deskriptif. Hasil temuan penelitian mengungkapkan bahwa variabel yang dominan menjadi penyebab terjadinya brand switching adalah harga–biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan aplikasi media , sementara variabel atribut produk, kemudahan akses dan promosi tidak memiliki pengaruh yang signifikan.

This study raises the issue of the emergence of social media application that causes the growth of interest to find an alternative social media application of the most appropriate, including on social media application users who use it for business, and ultimately the displacement of the brand (brand switching). Population and sample of this research is a social media application users among college students in the city of Semarang who use social media as a means of doing business. Data analysis methods used include quantitative regression analysis combined with descriptive statistics. Research findings reveal that the dominant variable into the causes brand switching is price-expenditures required to use the media applications, while variable product attributes, ease of access and promotion does not have a significant effect.

Keywords


Brand Switching, atribut produk, kemudahan akses dan harga

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.