Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Penerapan IFRS Sebagai Standar Akuntansi Di Indonesia

Sungkono Sungkono

Abstract


Penerapan IFRS di Indonesia yang direncanakan sejak tahun 2008 lalu dan mulai memasuki tahapan adopsi penuh pada tahun 2012 ini menemui banyak kendala. Salah satu kendala yang dihadapi yaitu masih kurang siapnya sumber daya dan pendidikan di Indonesia. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh kesiapan mahasiswa dalam menghadapi era IFRS di tahun 2012 ini serta adakah perbedaan persepsi antara mahasiswa di DIY dan Jawa Tengah maupun Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.

Penelitian ini menggunakan kuesioner dalam pengumpulan data yang disusun berdasarkan skala likert dengan lima alternatif pernyataan mulai tidak mengerti sampai dengan sangat mengerti. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 140 orang mahasiswa yang masing-masing terdiri dari 35 orang mahasiswa pada Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di DIY dan Jawa Tengah.

Berdasarkan hasil uji independent t- test dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa prodi akuntansi di DIY dan Jawa Tengah maupun mahasiswa pada Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. Hal tersebut didasarkan pada nilai t hitung yang lebih kecil dari nilai t perhitungan serta nilai Sig yang lebih besar dari 0,05, baik secara keseluruhan maupun pengukuran yang dilakukan pada masing-masing dimensi.

Keywords


persepsi, standar akuntansi, IFRS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.