Apakah Halal Awareness dapat meningkatkan Repurchase Intention?

Septi Kurnia Prastiwi, Zakky Fahma Auliya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa faktor yang dapat meningkatkan Repurchase Intention pada produk makanan halal . Dua variabel yang diduga dapat mempengaruhi Repurchase Intention adalah Halal Awareness dan Brand Loyalty. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan populasi konsumen  mie instan halal di Yogyakarta dan Surakarta, dengan sampel sebanyak 150 responden, dengan pengambilan sampel purposive sampel, dan kuisioner dengan 12 indikator pertanyaan. Hasil uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik mendukung untuk melanjutkan penelitian. Hasil uji analisis regresi linier berganda mendapatkan hasil bahwa variabel Halal Awareness tidak berpengaruh signifikan terhadap Repurchase Intention, variabel Brand Loyalty berpengaruh positif dan  signifikan terhadap variabel dependen Repurchase Intention. Untuk menguji apakah variabel brand loyalty dapat menjadi variabel mediator antara halal awareness dengan repurchase intention, dibuktikan dengan hasil uji sobel test yang menemukan bahwa variabel brand loyalty signifikan sebagai variabel mediator.

This study aims to examine the factors that may affect repurchase intention for halal food product. Two variables suspected to affect the repurchase intention are halal awareness and brand loyalty. The design of this study is survery method with a population of halal instant noodles customers in Yogyakarta and Solo, with sample size of 150 respondents, the sampling methods purposive sampling a questionnaire with 12 indicators questions. Test results validity, reliability and classic assumption test support for continuing research. Multiple linier regression analysis get the result that variable halal awareness not significantly affect repurchase intention, but variable brand loyalty can affect positively and significantly related to the dependent variable repurchase intention. To examine variable brand loyalty can be mediator variable halal awareness to repurchase intention, evidence by sobel test and get the result that variable brand loyalty significantly as mediator variable.

Keywords


Halal awareness, repurchase intention, brand loyalty

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.