Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta

Edy Anan

Abstract


Laporan keuangan menjadi salah satu sumber informasi penting bagi investor untuk mengetahui kondisi perusahaan. Investor dapat menggunakan laporan keuangan yang telah tersedia untuk mengevaluasi kinerja perusahaan yang telah tercatat di pasar modal sebelum mengambil keputusan saham perusahaan mana yang akan dibeli dengan anggapan bahwa investasi tersebut akan memberikan tingkat kembalian lebih besar daripada investasi di perusahaan lain.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor-faktor fundamental terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Data yang digunakan berasal dari laporan keuangan masing–masing perusahaan dan bersumber dari Indonesian Capital Market Directory. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Jakarta 2005,2006 dan tahun 2007. Jumlah sampel yang memenuhi kriteria tersebut ada 40 perusahaan. Untuk membuktikan hipotesis diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda, uji F, dan uji t dan untuk membuktikan tidak ada penyimpangan pada hasil regresi diuji dengan uji asumsi klasik (multikolinearitas, autokorelasi, dan heterokedastisitas).

Pengujian menggunakan program bantuan  SPSS For  Windows, yang  menunjukkan bahwa semua variabel independen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Besarnya pengaruh variabel independen terhadap harga saham adalah sebesar 68,2% yang berarti bahwa harga saham lebih banyak dipengaruhi oleh ke empat variabel independen yang ada dalam penelitian sedangkan sisanya sebesar 32,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian. Apabila dilihat secara individu dari ketiga variabel independen ada satu variabel yaitu EPS yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham. Sedangkan variabel ROE, DER dan DPR tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham.

Keywords


Kinerja Keuangan, Harga Saham, Rasio Keuangan, Laporan Keuangan, dan Bursa Efek Jakarta.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.